Senin, 04 Oktober 2010

RAGAM BAHASA DAN LARAS BAHASA

Ragam bahasa adalah....
Laras bahasa adalah....
dan jenis jenisnya...

Ragam Dan Laras Bahasa
Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, orang yang dibicarakan, serta menurut (Bachman, 1990). Ragam bahasa yang oleh penuturnya dianggap sebagai ragam yang baik, yang disebut ragam bahasa baku atau ragam bahasa resmi.
Laras bahasa adalah ragam bahasa yang digunakan untuk suatu tujuan atau pada konteks sosial tertentu. Banyak sekali laras bahasa yang dapat diidentifikasi tanpa batasan yang jelas di antara mereka. Definisi dan kategorisasi laras bahasa pun berbeda antara para ahli linguistik.
Menurut Dendy Sugono ,bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul dua masalah pokok, yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tak baku.baku merupakan bahasa yang resmi atau formal dan tak baku bahasa yang sehari-hari yang kita gunakan.
Contohnya : ragam bahasa jurnalistik dan hukum, tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan bentuk kosakata ragam bahasa baku agar dapat menjadi anutan bagi masyarakat pengguna bahasa Indonesia
Dan di dalam bahasa Indonesia disamping dikenal kosa kata baku Indonesia dikenal pula kosa kata bahasa Indonesia ragam baku digunakannya di dalam pemakian ragam-ragam yang lain asal tidak mengganggu makna dan rasa bahasa ragam yang bersangkutan.
*** Macam-Macam dan Jenis-Jenis Ragam / Keragaman Bahasa :
1.Ragam bahasa pada bidang seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik.
2. Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa seseorang.
3. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial
4. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah seperti bahasa daerah.
5. Ragam bahasa pada bentuk bahasa seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan.
6. Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa baku dan tidak baku.
Ditinjau dari media atau sarana yang digunakan untuk menghasilkan bahasa, yaitu :
(1) ragam bahasa lisan
(2) ragam bahasa tulis.
aspek tata bahasa dan kosa kata dalam kedua jenis ragam itu memiliki hubungan yang erat. Ragam bahasa tulis yang unsur dasarnya huruf, melambangkan ragam bahasa lisan dan akhirnya kedua jenis ragam bahasa itu berkembang menjdi sistem bahasa yang memiliki seperangkat kaidah yang tidak identik benar, meskipun ada pula kesamaannya. Meskipun ada keberimpitan aspek tata bahasa dan kosa kata, masing-masing memiliki seperangkat kaidah yang berbeda satu dari yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar